Senin, 28 Januari 2013

Indonesia Berbatik

Berbatik merupakan ciri khas orang Indonesia. Hal ini karena batik merupakan warisan budaya asli Indonesia. Menjadi orang Indonesia tidak akan lengkap jika tidak berbatik. Batik, berbatik dan membatik itulah ciri khas cinta tradisi Indonesia.
Batik merupakan kesenian mewarnai kain dengan malam cair bermediakan canting, membentuk motif-motif tertentu. Hal ini tentu bukan sembarang orang dapat membatik secara mudah. Butuh keahlian khusus dan pembuatannya tentu akan memakan waktu cukup lama. Sehingga, tak banyak orang yang mampu melakukan hal ini. Ibarat satu banding seribu, masyarakat Indonesia yang bisa membuat batik.
Ini ironis sekali, mengingat batik adalah kesenian yang lahir dan berkembang di Indonesia. Akan tetapi, warganya sangat sedikit yang mampu memproduksi atau membuat batik. Dengan begitu, jika memang seorang itu lahir dan hidup menjadi warga Indonesia, setidaknya mengapresiasi batik dan pengrajinnya. Memakai batik dalam berbagai acara. Sebagai ekspektasi wujud cinta tradisi budaya. Dan juga sebagai upaya melestarikan batik agar tak punah di negeri sendiri.
Akan tetapi, banyak kalangan pemuda/ remaja Indonesia yang menghindar dari memakai batik. Sebab, berkembang asumsi keliru di kalangan mereka, "Batik itu model pakaian formal untuk orang tua dan pejabat". Akibatnya, ketika sang remaja mengenakan batik pasti diejek oleh temannya "Mau ke kondangan loe?". Sehingga menimbulkan kekapokan di kalangan muda untuk mengenakan batik.
Hal ini tentu sangat ironis, Faktanya batik bukan hanya cocok dikenakan oleh orang tua, namun anak mudapun juga cocok mengenakannya. Batik dapat didesain menurut model pakaian yang sedang menjadi trend. Sehingga, cocok untuk dikenakan untuk semua kalangan. Dengan begitu, tidak ada alasan bagi kaum muda untuk tidak mengenakan batik.
Apalagi sekarang begitu mudah kita untuk mendapatkan batik. Butik batik dan toko batik mudah dijumpai dimana-mana. Atau cukup dengan browsing, online di internet, beli batik melalui situs belanja batik online. Dengan akses yang begitu mudah untuk mendapatkan batik, tak ada lagi alasan orang Indonesia untuk tidak berbatik. Dan jika anak Indonesia merasa risih ataupun malu mengenakan batik, maka perlu dipertanyakan ke-Indonesiaannya.


5 komentar:

Unknown mengatakan...

Berbatik,,, memang cermin cinta indonesia......... jadi memang kita selayaknya berbatik,,

rubiulawal mengatakan...

mimin,,,
batik itu memang watak indonesia banget...
mari kita berbatikk..

indana idtu ella mengatakan...

bener yang mimin tulis.... kita harus berbatik,,
min... kunjungi blog ku jga ya.... ditunggu..




http://indananurlela.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

Tik batik,, we can kok...


http://tinyurl.com/bzluuve

Unknown mengatakan...

batik indonesia, batik mendunia

Posting Komentar