Minggu, 20 Januari 2013

Revivalisme


Jika islam bertemu dengan barat, terjadi gerakan revivalis/kebangkitan kembali (menegakkan resugence)  dan dalam bertemunya budaya barat dan islam terjadi pro dan kontra.
Menyesuaikan dengan pemikiran barat.
Mengenal budaya barat (neorevivalisme) adalah menolak kepada barat tetapi megetahui khususnya orang barat bermanfaat bagi kita atau yang di sebut kelompok fundamentalis.
Revivalisme adalah tak mengenal budaya barat, tetapi hanya mengetahui pemikiran orang arab. Dengan cara membangun diri dengan tidak mengikuti budaya barat tetapi tidak mencelanya.
Bid’ah cara hidup bid’ah harus di berantas (dalam aliran muhammadiyah biasa disebut fundamentalis). Muhammad bin Abdul Wahab (wahabiyah di Saudi Arabia anti terhadap filsafat dan tasawuf) tujuannya adalah untuk mengeluarkan orang arab dari kekuasaan Turki Utsmani. Tasawuf merupakan ciptaan dari Persia. Jadi karena filsafat dan tasawuf berasal dari Negara yang kontra dengan wahabi, makanya mereka melarang adanya bila tasawuf dan filsafat itu ada di Saudi Arabia.
Reaksi wahabi di India
Pengaruh wahabi sesuai dengan india. Ada seorang guru besar  wahabi yaitu Syekh Ahmad Syahid, beliau mengatakan bahwa ada negara yang menganut paham bid’ah maka dinamakan Negara kafir. Negara India dinamakan daarul harb, karena mereka ketertangan dengan islam. Setelah itu ada guru yang bernama Syekh Waliyullah(guru Syekh Ahmad Syahid).
Abad 16 baru
Sebelum adanya ini seorang sultan India keturunan pakistan bernama Sultan Akbar menggagas agama Dinullah. Beliau menggagas agama dengan orang selain islam, jadi beliau menamakan agama dinullah. Mereka hanya percaya mistik dan tidak mementingkan syariat. Konsepsi ini dimaksudkan agar mempersatukan agama-agama dalam konsep “Agama Tuhan” kembali pada Hanif.
Abad 17
Sir Hindy yang ingin merubah mistik-mistik itu menjadi tidak mistik dengan cara berkomunikasi lewat mistik. Orang india merumuskan agama islam dengan cara merubah syari’at dalam orang hindu. Akibatnya, terjadi perubahan agama di india sehingga konflik antara budaya islam dan indiapun terjadi. Akibat dari semua peristiwa ini terjadi penyesuaian diri yang disebut modernisasi.
Syekh ahmad fuad (abad 19) modernisasi Arab pembaharu/pembaratan satu di india membuat sekolah dengan bahasa inggris dan arab supaya semuanya dapat digunakan. Menciptakan universitas Aligrah yang didalamnya memakai bahasa inggris dan Arab.. gerakan ini sampai ke Negara Pakistan hingga sekarang. Sampai Pakistan menjadi Negara islam Pakistan. Corak yang ada di Pakistan adalah menerima hal-hal yang datang dari dunia barat yang hanya sesuai dengan islam. India dan Palkistan dulunya merupakan satu kesatuan negara yaitu India, mereka berpisah karena terjadi pertentangan fundamentalis pada teologi.
(Ibnu hanbal) yang di hukum mati gantung oleh muktazilah karena bertentangan dengan pemerintah muktazilah. 
            Gerakan wahabi di Indonesia diantaranya adalah: Hisbut Tahrir, FPI, Al-Irsyad, Persis. Tujuan mereka adalah ingin mengembalikan islam pada masa kejayaannya.Gerakan wahabi di Indonesia diantaranya adalah: Hisbut Tahrir, FPI, Al-Irsyad, Persis. Tujuan mereka adalah ingin mengembalikan islam pada masa kejayaannya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

pak mau poin tujuan tujuan revivalisme ada g pak

Posting Komentar