Jumat, 22 Februari 2013

Eksistensi Barito Timur

Satu dasawarsa sudah eksistensi kabupaten Barito Timur (Bartim). Bartim merupakan kabupaten yang semula wilayahnya menyatu dengan Barito Selatan. Sebab tuntutan akan perluasan otonomi, akhirnya Kabupaten Barito timur sejak tahun 2002 resmi menjadi kabupaten berdiri sendiri. Berdasar pada landasan hukum UU No. 22 Tahun 2002. Dan tidak lagi menyatu dengan Barito Selatan.
Bagi Barito Timur, permintaan akan perluasan otonomi daerah mungkin dirsa sangat tepat sekali. Hal ini sudah terbukti, kabupaten yang berdasar data dari wikipedia memiliki 10 kecamatan ini mampu membuktikan eksistensinya. Kemajuan demi kemajuan terus terukir, beriringan dengan proyek pembangunan-pembangunan Bartim. Target demi target dari program "Barito Timur Membangun", satu persatu terealisasi. Mulai dari peningkatan pelayanan kesehatan, bantuan biaya berobat, sampai pembangunan sarana dan prasarana pelayanan masyarakat. Hal ini tak lepas dari peran seorang Drs. H. Zaini Alkim. Yang tak lain merupakan bupati yang pemerintahannya sekarang, telah mencapai lebih dari setengah dekade.
Drs. H. Zaini Alkim menjabat sebagai bupati Barito Timur, kurang lebih telah menempuh waktu sepuluh tahun. Dalam dua kali sumpah pengabdian sebagai Bupati. Pada masa sepuluh tahun ini, pembangunan terus digalakkan, sarana dan prasarana semakin lengkap(pendidikan, kesehatan dan lainnya). Bahkan, pembangunan di Barito Timur tak kalah dengan kabupaten-kabupaten yang telah berdiri sejak lama.
Mengingat hal itu, sebentar lagi di Barito Timur akan diselenggarakan Pemilukada. Pemilu untuk menentukan siapa bupati dan wakil bupati yang akan memimpin dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Satu catatan yang harus dimiliki adalah pemimpin yang dipilih merupakan pemimpin yang memang sanggup menjadi pemimpin. Pemimpin yang mampu membawa Bartim terus menuju kemajuan pembangunan. Sebagaimana kepemimpinan yang telah dibuktikan dalam kurun sepuluh tahun oleh Drs. H. Zaini Alkim.wallahu a'lam bish-shawaab.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Barito timur, sebagai salah satu kota di Indonesia musti maju..

Mohammad Sholihul Wafi mengatakan...

I want to say, that your article is good.. the way to make our nation same as the popular nation

Unknown mengatakan...

Bartim majulah selalu

Posting Komentar